Skip to main content

Cara Flash Firmware via ODIN Semua HP Samsung

Cara Flash Firmware / Stock ROM Android via Odin Semua Jenis HP Samsung.

Hallo Guys, selamat datang di chennel kita https://robotinformasi.blogspot.com/ memenuhi setiap masalah di henfound android anda. 

  Mungkin sebagian dari shobat-shobat semua sudah mengenal dengan istilah flash. Pada dasarnya, flash atau yang lebih dikenal dengan istilah install atau pemasangan (rom android) adalah proses untuk memasang, melakukan downgrade / penginstallan ulang rom kedalam ponsel / device berbasis android, baik itu Android Lollipop (5.0.1), Marshmallow (6.0.1), Nougat (7.0) dan Oreo (8.0).

Pemasangan Stock / Custom ROM android bukanlah merupakan sebuah perkara sulit untuk dilakukan. Dan saya yakin bahwa semua orang pasti bisa melakukannya. Akan tetapi diperlukan sebuah pemahaman, ketelitian dan kehati-hatian sebelum atau saat melakukannya.

Mengapa demikian, karena proses ini sangat rentan terhadap kegagalan yang bisa membuat ponsel android tidak bisa startup hingga homescreen. atau yang lebih dikenal dengan istilah bootlop. Kegagalan pemasangan sering terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara ROM yang dipilih dengan ponsel android, misalnya versi karnel atau model yang tidak sesuai, pemilihan rom yang tidak tepat dan hal-hal lainnya.

Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih. Carilah stock/custom rom yang sesuai dengan model ponsel samsung anda. Perhatikan juga kelebihan dan kekurangannya. Perhatika komentar orang-orang yang sudah mencobanya, karena setiap rom memiliki kelebihan dan kekurangan (bug) masing-masing. Apabila masih ragu, cobalah untuk meminta saran kepada teman-teman, kerabat / orang yang sudah pernah menggunakan rom tersebut agar tidak salah dalam memilihnya.

Untuk pemasangan rom android, yang dalam hal ini adalah ponsel samsung, ada 2 cara yang bisa kita lakukan. #Pertama flash via ODIN (menggunakan komputer) dan yang #Kedua melalui menu recovery. Namun, sesuai dengan judul, untuk ulasan kali ini saya hanya akan membahas mengenai flash via odin saja.


Odin merupakan aplikasi yang paling umum digunakan untuk flash Stock ROM / Firmware android dan menginstall custom recovery seperti TWRP. Alasan lain mengapa banyak orang menggunakan aplikasi ini adalah karena mudah dalam penggunaannya. Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk memasang rom kedalam ponsel samsung? Berikut penjelasannya.

Cara Flasing Stock ROM / Firmware Android Samsung

Sebelum melakukan flash, poin paling penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP, BACKUP dan BACKUP ROM. Karena apabila terjadi kesalahan saat proses flashing, maka kita bisa merestore (mengembalikan) ke posisi sebelumnya. Adapun alat serta aplikasi yang diperlukan adalah sebagai berikut :
  1. Komputer (Desktop / Laptop)
  2. Siapkan Aplikasi Odin3 v3.12.3 dan Ekstrak filenya ke dalam komputer.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli/original).
  4. Install Samsung USB Driver ke dalam komputer.
  5. Stock ROM / Firmware. Untuk mendapatkan Firmware Samsung, silahkan buka situs UPDATO.COM atau SAMMOBILE.COM.
Langkah #1. Install Samsung USB Driver kedalam komputer. Setelah selesai, restart komputer anda jika terdapat notifikasi permintaan restart.

Langkah #2. Matikan ponsel. Masuk ke menu downloading dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Bawah" secara bersamaan selama kurang lebih 3 sampai 5 detik. Tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk continue / melanjutkan.

Langkah #3. Apabila sudah berada pada menu downloading, selanjutnya sambungkan ponsel ke komputer melalui kabel usb.

Langkah #4. Ekstrak ODIN dari file zip kemudian jalankan dengan cara klik kanan, pilih run as administrator. Sebelum lanjut, pastikan terdapat ID port usb di bawah "ID:COM", jika tidak ada, coba ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb lainnya.

Langkah #5. Klik tombol "AP" dan cari tempat dimana ROM android tersimpan (ekstensi file tar.md5) yang akan dipasang kedalam ponsel. Setelah ketemu, klik open lalu lanjutkan dengan mengklik tombol start pada odin.

Pasang stock / custom rom android samsung
PENTING!
Saat proses pemasangan berlangsung, sebaiknya baterai di atas 50% dan jangan sekali-kali mencabut kabel usb, menutup aplikasi odin atau mematikan komputer. Jika hal ini terjadi, maka proses pemasangan akan terhenti sehingga berakibat sangat fatal.
Langkah #6. Proses pemasangan ini akan memakan waktu beberapa menit. Silahkan tunggu. Setelah pemasangan selesai dan berhasil, maka akan terdapat pesan "PASS!" di bagian sebelah kiri atas odin. Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel usb serta menutup aplikasi odin.

Langkah #7. Kembali ke ponsel. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu pengaturan awal android. Selamat, pemasangan rom baru sudah selesai, Silahkan atur sesuai dengan keinginan anda.

Cara Install atau Flash ROM Android ini, bisa anda terapkan untuk Samsung Galaxy dengan Tipe atau Model berikut ini :
  • Samsung Galaxy J Series = SM-J100H, SM-J120G, SM-J105F, SM-J110G, SM-J111F, SM-J106B, SM-J200G, SM-G532G, SM-J320G, SM-J500G, SM-J510FN, SM-J700F, SM-G610F, SM-J710FN, SM-J730G
  • Samsung Galaxy A Series = SM-A320Y, SM-A300H, SM-A310F, SM-A500F, SM-A520F, SM-A510FD, SM-A710FD, SM-A720F, SM-A910F
  • Samsung Galaxy E Series = SM-E500H, SM-E700H
  • Samsung Galaxy S Series = SM-G920F, SM-G925F, SM-G9287C, SM-G930FD, SM-G935FD, SM-950FD, SM-955FD
  • Samsung Galaxy Note Series = SM-N910H, SM-N9208
  • Samsung Galaxy Tab Series = SM-P355, SM-T231, SM-T531, SM-T705, SM-T719Y, SM-T116NU, SM-T285, SM-T365, SM-T715Y, SM-T805, SM-T815Y, SM-T819Y, SM-T585Y, SM-T111

Jika Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Seperti yang sudah saya tekankan sejak awal, bahwa poin penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP terlebih dahulu. Karena jika terjadi kegagalan dalam pemasangan, maka kita bisa melakukan restore kembali. Tetapi apabila anda lupa melakukan backup, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Perbarui aplikasi ODIN dan USB Samsung Driver
  2. Ganti kabel usb atau pindahkan ke port usb lainnya
  3. Jalankan ulang kembali ODIN (Run as administrator)
  4. Download Ulang ROM Android. Pastikan Firmware tersebut sudah sesuai dengan model ponsel samsung anda.
Selamat mencoba, semoga berhasil.

Cara Flash LG Stock Firmware / ROM (Semua Model)
Cara Mudah Restart HP Samsung
Cara mencari Uang Dari Internet untuk pemula

Comments

  1. Mas apakah friware asus galaxy mini ada

    ReplyDelete
  2. Ada mas untuk firmware nya lengkap silahkan pilih dan buka updato.com lalu pilih pencarian. Lalu masukan tipe hp samsung mas. Dgn sendirinya akan menampilkan berbagai firmware utk hp mas.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Reset Semua HP Lenovo, Mengembalikan Kepengaturan Pabrik

Berikut ini adalah cara  reset HP Lenovo  atau mengembalikan kepengaturan awal, kembali kepengaturan pabrik HP Lenovo. Adapun daftar lisnya adalah reset Lenovo A6000, reset Lenovo A316i, reset Lenovo A319, reset Lenovo A390, reset Lenovo A516. Cara Reset Lenovo A6000 Tekan tombol Volume Up + Volume Down + Power Button secara bersamaan hingga muncul logo Android dan masuk menu recovery mode kemudian lepaskan. Pilih menu “wipe data/factoy reset” (gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk setuju atau ya) Selanjutnya pilih “Yes—delete all user data” Tunggu hingga proses reset selesai setelah itu reboot ponsel dengan cara pilih reboot system now. Selesai Cara hard reset Lenovo A316i : Tekan dan tahan tombol volume up dan tombol power hingga muncul “select Boot Mode” kemudian lepaskan Selanjutnya pilih “Recovery Mode” (gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk setuju atau ya) Ponsel akan restart kemudian muncul logo Android berbaring

Cara Flash LG Stock Firmware / ROM (Semua Model)

Hallo Guys, selamat datang di channel kita  https://robotinformasi.blogspot.com/  memenuhi setiap masalah di handphone android anda.  Android populer untuk menawarkan berbagai opsi penyesuaian untuk pengguna tingkat lanjut. Rooting perangkat Anda, mem-flash ROM dan kernel khusus dapat menawarkan Anda fitur luar biasa untuk membuat ponsel cerdas Anda lebih kuat. Tetapi langkah-langkah canggih ini dapat menyebabkan beberapa bug, gangguan dan merusak perangkat Anda jika tidak mengikuti prosedur yang telah di tetapkan. Dalam skenario seperti itu, Anda perlu mem-flash Stock Firmware / ROM.  Ini membantu Anda untuk menginstal OS yang diperbarui sebelum tersedia di wilayah Anda dan menyingkirkan semua gangguan dan malfungsi. Jika Anda memiliki ponsel cerdas atau tablet LG, Anda perlu tahu cara mem-flash firmware / ROM LG Stock jika terjadi kecelakaan. LG menawarkan alat flash LG untuk melakukan aktivitas flashing dengan lancar dengan file firmware KDZ dan Anda dapat membatalkan

Cara mudah Flash atau instal ulang semua tipe hp Xiaomi

Hallo Guys, Selamat Datang dichannel robotinformasi.blogspot.com kini kita akan membahas Cara mudah Flash atau instal ulang semua tipe hp Xiaomi Dengan banyaknya smartphone Xiaomi yang beredar di pasar indonesia dengan Garansi distributor yang kebanyakan masih menggunakan ROM China atau bawaan Smartphone Xiaomi, memaksa para pemilik smartphone dengan garansi distributor tersebut untuk melakukan Flash Smartphone Xiaomi ke ROM Global agar ada pilihan dengan Bahasa Indonesia dan tidak ada lagi aplikasi yang berbahasa China yang kebanyakan orang indonesia tidak mengerti arti tulisan tersebut. Hardware yang dibutuhkan : PC/Laptop, disarankan menggunakan LAPTOP dengan baterai penuh agar tidak mengganggu saat flash berlangsung karena baterai habis atau listrik mati. Kabel Data sesuai dengan tipe Smartphone Xiaomi (kabel Charge bawaan ) Smartphone Xiaomi yang akan di Flash Software yang perlu di persiapkan adalah : MIUI Flashing Tool bagi yang belum punya bisa didownload